Egologi

Ego A person's sense of self-esteem or self-importance (oxford dictionary)
Logi : logos, ilmu.


Entah itu ada apa tidak ilmu seperti itu, tapi saya rasa perlu dicoba mempelajari ego diri masing-masing, dan ego orang lain, dan bisa saja jadi mata kuliah dengan beban 3 SKS.

Karena terkadang dalam perjalanan pendek kelas ke tempat parkir, atau dalam bincang sederhana kawan dengan kawan. Saya menemukan bahwa ketika seseorang menyampaikan keluhan, pencapaian, pemikiran idealis bahkan hanya argumentasi biasa, reaksi yang disampaikan lawan bicara adalah "tentang aku". Tentang aku yang bisa lebih baik, lebih menderita, lebih keras usahanya dan yang serupa lainnya.

Seharusnya semua orang sadar bahwa perasaan dan hati itu ada, eksis, bukan sebuah susunan molekul absurd yang masih ada sudut kosong untuk menyimak kata-kata orang lain. Orang yang bercerita mungkin saja tidak membutuhkan solusi. Hanya sebatas butuh telinga yang mau mendengar.


gambar dari : tophdart.com/


Kalau saya berpikir, lebih bijak untuk tidak mengatakan apapun hal yang tidak perlu diketahui orang lain tentang diri sendiri --kecuali untuk blog ini yang tidak butuh telinga, hanya mata yang bergerak-- namun lebih sekedar meluangkan waktu untuk mendengarkan saja.

Karena ego itu ada. Ego itu tentang diri sendiri, tentang kebijaksanaan merawat batin untuk kebaikan orang lain yang terkadang saja membutuhkanmu.