Pekerjaan Terbaik adalah Hobi yang Dibayar


Pas mau nyari inspirasi buat nulis, gue teringat quote dari Pak Ridwal Kamil pas nonton video TEDx

Pekerjaan terbaik adalah Hobi yang dibayar

Trus gue mau daftar dong apa aja hobi gue dan apa cocok buat dijadiin sebuah pekerjaan. Coba dulu ah.

 1.  Sepedaan 


Bunny Hop aja masih cupu kek gini


Gue seneng banget yang namanya sepedaan, karena olahraga ini keren dan murah. Tapi sekarang gue lagi seneng banget naik DJ, walaupun frame DJ gue berat, gue tetep berusaha jadi rider yang keren.

Hobi ini menurut gue gak bisa buat jadi pekerjaan, karena gue harus bener-bener latihan setiap hari ama banyak bikin video promo sampai jadi Profesional Rider trus Red Bull dan Inspired Bike mau mensponsori kayak MacAskill gitu.

Danny MacAskill sang idola gue

Gak keren juga sih kalau ini dijadiin kerjaan, ntar kalau gue udah punya anak, dan dia ditanya apa pekerjaan ayahnya, masak iya jawabannya "Tukang Naik Sepeda", walaupun kenyataannya pekerjaan seorang Extreme Rider sangat dihargai dan bergaji mahal. Respect untuk semua Rider di seluruh negeri ini.


 2. Demonstrasi


Ini demo menuntut agar Pak Abraham Samad segera menyelesaikan kasus Century
Demonstrasi adalah sebuah usaha untuk mengingat pemerintah ketika ada kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat. Gue seneng demo karena gue merasa ada jiwa Soe Hok Gie dalam diri gue saat itu. Karena kalau gak ada demo, Rezim Soeharto engga akan turun. Intinya demo itu sebuah aksi nyata untuk membela kepentingan rakyat.

Gue seneng demo, dari demo DPR, Walikota sampai Presiden udah gue cobain tapi kalau gue menjadikan hal ini sebagai pekerjaan atau untuk mendapatkan uang, berarti gue turun dijalan atas nama uang bukan atas nama keadilan yang terbelenggu. Eeaaaaa.

Ini engga demo sih, tapi keren aja buat dipost
Ini gue (yang mana hayo) waktu teatrikal di depan gedung KPK. Diliput kabarkampus.com


 3. Bikin Film, Layout Grafis dan Fotografi

Ini pas bikin Film SMA. Gue yang pakai kacamata. Ditemani asisten, penyunting adegan dan aktornya
Seperti yang udah dijelaskan di posting sebelumya tentang, makna sebuah Film, gue emang hobi membuat sebuah Film, walaupun dengan tools yang seadanya banget, dan hasilnya pun masih amatiran, gue tetep menikmati setiap frame dalam membuat film

Gue juga seneng membuat poster, fotografi atau karya visual lainnya, tapi gue engga berani menyebut diri gue sebagai desainer grafis atau fotografer, karena memang untuk menjadi seorang profesional perlu Evolusi yang cukup lama.

Dua hal diatas gue seneng banget buat lakuin tapi males juga kalau punya kerjaan yang nantinya cuman memvisualisasikan produk atau jasa orang lain, atau ujung-ujungnya di broadcasting yang pasti dikejar-kejar deadline, padahal masih ada jabatan yang kira-kira duitnya lebih banyak dan bisa buat bayar pekerjaan ini.

Ini Foto selfie gue jam setengah 4 pagi habis lapsing bintang. Agak blur karena pakai slow shutter gitu

Gue: Rem sini, gue buatin sayap keren

Gantian bikinin gue dong rem -_-



 4. Aksi Lingkungan & Aksi Sosial

Ini waktu gue nanem pohon bakau di Pangandaran, Aksi nyata buat antisipasi Tsunami

Memang sih kepedulian untuk menjaga lingkungan di negeri ini kurang banget. Kepedulian yang seharusnya tertanam pada setiap individu. Kalau kepedulian masyarakat besar, mana mungkin ada banjir, mana mungkin ada tanah longsor.

Ini waktu gue sama temen-temen Ilmu Ekonomi ngajar les gratis buat anak SDN Cihideung ilir 5

Ini anak-anak SD itu gue ajak nonton perlombaan Aerobik di the 6th Sportakuler. Sekalian ngajarin tentang kerjasama tim

 Aksi untuk Lingkungan dan Sosial butuh perhatian yang sangat besar. Kalau saja ada banyak orang yang tergerak hatinya untuk sama-sama peduli dan turun langsung untuk kedua hal ini, pasti akan banyak sekali pahala dan manfaat yang mengalir. Tapi untuk sebuah pekerjaan, rasa-rasanya gue engga tega mengambil keuntungan untuk pribadi, yang ada kita bareng-bareng menggalang dana untuk aksi ini. Respect untuk semua relawan lingkungan dan relawan sosial yang tergabung dalam puluhan lembaga resmi yang tersebar di seluruh negeri, atasnama kemanusiaan, saya akan berjuang bersama-sama kalian.


 5. Naik Vespa

Yang item Vespa gue, yang tengah itu keponakan gue namanya Arkhan, yang Pink Vespa kakak cewek gue

Ini hobi yang engga jelas sih menurut gue. Tapi rasanya itu nikmat banget (sumpah) kalau gue muter-muter kota naik Vespa. Ada sensasi luar biasa di setiap geberan gas. Tapi ya mana mungkin hobi kek gini dijadiin pekerjaan. :)

Gue sih kalau muter-muter ya paling ama adek kalau engga ya sekeluarga aja, karena pernah kita punya 4 vespa, tapi sekarang sih tinggal 3. Jadi Umi ama abah berduaan, gue ama adik gue, Naya, terus kakak cewek gue sendirian, terakhir kakak gue yang cowok ama anak istrinya. Damai gitu rasanya kita sekeluarga turing kecil-kecilan.

Kakak gue yang cewek, Fauziah namanya, dia hebat banget, udah gabung di club terus temennya banyak dan udah muter-muter kemana aja.

Kakak gue yang kanan. Dia lagi turing bareng club vespanya

 6. Main Karambol

Ini cuman buat ngilangin rasa jenuh aja sih. Tapi beneran nikmat kalau main karambol pas libur UTS bareng temen-temen ampe pagi

Gue lagi gak dapet giliran main.


 6. Nyobain Hal Baru

Gue sih paling seneng nyobain hal baru. Ada BMX nganggur gue cobain, ada skateboard nganggur gue cobain, ampe jatuh lecet, berdarah-darah gitu, tapi tetep gue coba ampe paling gak bisa loncat-loncat aja. Ada tebing gue loncatin, ada yang jual biola gue beli, ada yang ngajak bolos pas SMA gue ikutin, and many more. Seru aja sih mencoba hal-hal baru.

Tapi untuk sebuah pekerjaan, kita engga boleh coba-coba. Karena ada faktor tanggung jawab dan profesionalisme yang hubungannya ama dunia sosial kita bukan hanya sekadar memuaskan rasa ingin tau

Ini gue pertama kalinya nyoba surfing. Selalu jatuh dan terhempas, sampai yang membuat gue berhenti adalah pas ombak datang kena papan, kena jidat gue, dan darah pun mengucur deras



 7. Jalan-Jalan Bareng Keluarga

Jalan-jalan keluarga gue ke pantai (minus kakak gue yang cowok, Ridwan)

Jalan-jalan bagi siapapun pasti alternatif buat melepas penat. Termasuk gue. Gue hobi banget jalan-jalan ditemani orang yang spesial dan berarti.

Emang sih banyak acara jalan-jalan yang disiarkan di tv, yang artinya jalan-jalan bisa menjadi hobi sekaligus pekerjaan. Tapi menurut gue jalan-jalan adalah hal yang sangat penting untuk dinikmati untuk jiwa, maksudnya kalau ujung-ujungnya pekerjaan ya sama aja bo'ong. Kapan refresing nya kalau begitu?

Kecuali kalau jalan-jalannya ke luar negeri dan gratis, paling kan suruh mengulas suatu tempat beberapa menit, sisanya kita bisa menikmati tempat itu seoarang diri. Mengambil nafas dalam-dalam dan merasakan oksigen yang berbeda. Itu gue mau banget

Jalan-jalan keluarga Inovasia

Jalan-jalan keluarga Kreasi untuk Negeri



 8. Nonton Konser

Setiap gue nonton konser pasti gak punya dokumentasi. Pas gue nonton konser SID ama the S.I.G.I.T hape gue ilang, mungkin sih jatuh waktu moshing. Terus pas nonton Iwan Fals, eh hape Dwi memorinya habis dan gak ada hape lagi (dalam artian hape gue sekarang nexian boleh minjem).

Menurut gue nonton konser adalah salah satu alternatif murah buat ngumpul bareng orang-orang yang selera telinganya sama. Tapi gue sebel kalau ada konser lagu-lagu cengeng. Pernah sih gue jadi penyelenggara konser kek gitu (tuntutan organisasi) dan gue gak menikmati sama sekali, gue cuman tidur pas kerjaan gue jadi multimedia di pegang orang lain. Dan gue sebel kalau cewek foto ama musisi kalau musisinya itu modal tampang doang. Hey mbak, lu nikmati lagu atau muka?

Tapi mana ada nonton konser di bayar, kecuali jadi crew Event Organizer konser tersebut, tapi yang ini mah pasti rieweuh dan gak bisa nikmatin. Udah ah, mending bayar daripada dibayar kalau ujung-ujungnya gak bisa nikmatin hobi



 9. Main Band

Ini pas perlombaan IAC. Gak menang sih,

 Dulu pernah sih cita-cita jadi pemain band. Tapi pas ngelihat Gito Rollies berhenti main musik dan memutuskan jadi dai, dan meninggalnya damai banget wajahnya. Ah, udahlah ini cuman hobi aja. Apalagi gue baca di underground tauhid kemarin, Gerard Way berhenti dari MCR karena memang keidupan di band itu gak enak. Dia milih hidup sederhana membesarkan anak dalam keluarga yang lengkap. Keren juga gue pikir nih si om Gerard. Menginspirasi. Apalagi ada tuh basis legendaris siapa lupa namanya gue, yang memutuskan berhenti main musik dan jadi hafizh quran 30 juz, sama halnya dengan Sakti SO7 dia sekarang jadi ustadz keren gitu. Sebelum terlambat, gue gak mau terlalu terjerumus dalam dunia permusikan ini deh.




 10. Belajar dan Mengajarkan Quran

Gue sih gamau kelihatan soleh. Tapi tetep ini bukan sebuah keinginan biasa. Tapi menurut gue ini sebuah kewajiban manusia. Gue sih ngeri aja ngeliat di kampung gue masih banyak yang yasinan, tahlilan, solawatan gak jelas gitu. Itu sih ya karena memang mereka gak ngerti isi kandungan Al-Quran. Yang ada dibaca, dibolak balik ampe khatam tanpa mau pelajarin maknanya. Ya gue si ada tanggung jawab pengen ngajarin orang-orang desa yang udah sepuh cara solat, doa yang shahih itu kek gimana, cara wudhu, larangan agama itu kek gimana. Simpel sih. Cuman kita mau belajar, terus diajarin, udah gitu aja, engga ngomongin masalah negara melulu

Menurut gue hina banget kalau seorang dai menjadikan hal ini menjadi pekerjaan, apalagi pasang tarif. Semoga aja mereka lekas dibukakan pintu hidayah. Amiin


 11. Belajar Bikin Fiber Glass

Ini nih hobi terakhir. Ini semoga aja menjadi pekerjaan gue nanti. Simpel sih, bikin, pasarin, jual. Menurut gue pasar fiber glass ini luar biasa. Ya ini hobi gue banget, membuat suatu pola yang sebelumnya belum terpikirkan polanya oleh siapapun.

Gue dikenalkan Fiber ini oleh Om Agus. Dia adalah Master dalam Fiber Glass. Gue sih berharap besar gue bisa berguru banyak untuk menjadi Master pula

Om Agus lagi selfie bareng Babeh Iwan Fals. Bikin Ngiri